Geoscience Journey East Java – South Bali: Mud Volcano, Pegat Hills and Snorkeling at Nusa Lembongan

Pada bulan November lalu, tepatnya di tanggal 2-7, GDA Consulting menggelar fieldtrip menuju sekitaran Jawa Timur dan berakhir di Bali bersama HCML (Husky-CNOOC Madura Limited). Total partisipan yang ikut sebanyak 30 orang, dengan Pak Andang Bachtiar sebagai instructor dan Pak Ali Jambak sebagai co-instructor.Rombongan diberangkatkan dari Jakarta menuju Semarang pada tanggal 2 November sore hari, setibanya di Semarang kami langsung menuju Hotel Crown; tempat bersinggah rombongan sebelum melanjutkan perjalanan keesokan paginya.

Kemudian pada tanggal 3 November, seluruh rombongan bergerak mulai pagi menuju Purwodadi dan Cepu untuk mengunjungi Ngrayong dan Bulu Formation di Desa Jati Pohon serta Mud Volcano di Bledug Kuwu. Namun kunjungan ke Ngrayong terpaksa di cancel akibat kemacetan luar biasa yang tidak dapat diprediksikan. Akhirnya di hari tersebut rombongan langsung menuju tempat bermalam di Ammi Resort and Hotel, kota Cepu.

Aktivitas di hari ke-3 rencananya akan mengunjungi 2 outcrop, yakni Selorejo/Mundo Formation di Gadurejo dan Selorejo/mamber/Karren Formation di Bukit Pegat. Setelah semua selesai beraktivitas pada hari ini, rombongan langsung terbang menuju Bali dan setibanya disana langsung bermalam di Hotel Sheraton, Kuta, Bali.

Untuk aktivitas hari pertama di Bali kami memiliki beberapa kunjungan outcrop, seperti GWK (Garuda Wisnu Kencana), Ungasan, Pantai Pandawa dan melihat pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu. Dan keesokannya kami berkesempatan untuk snorkeling di Nusa Lembongan; Crystal Bay dan Mangrove Point guna melihat terumbu karang di dasar laut.

Berikut teaser video yang coba kami buat untuk summary session yang dilakukan pada hari terakhir serta beberapa gallery photo:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *